TAHUN YANG BARU, RASA YANG LAMA?

By Berbagi Ilmu - Desember 18, 2018


Tahun 2018 menyisakan beberapa hari lagi. Berganti tahun menjadi 2019.

Banyak hal yang terjadi dalam hidup saya ditahun 2018 ini. Pulang dari Thailand Selatan menyisakan beberapa hal yang perlu diselesaikan. Menyusun laporan KKN, menyusun proposal skripsi dan tetek bengek lainnya.

Ditahun ini saya berhasil membuat buku sendiri. Dicetak, dibiayai, dibaca sendiri dan dijadikan sebagai kado untuk ulang tahun sendiri. Kumpulan cerita-cerita ala kadarnya selama mengikuti KKN.

Memasuki bulan selanjutnya saya memutuskan membuat blog ini.  

Bulan selanjutnya sekitar bulan Mei memutuskan untuk memasang wifi indiehome. Dibulan selanjutnya Juni; ibadah puasa dan hari raya.

Dibulan Juli teman-teman saya, sebagian ikut yudisium dan sebagiannya lagi bernasib sama seperti saya hanya jadi penonton, yang memutuskan untuk tidak hadir. Sebagiannya lagi memutuskan untuk menikah, pulang kampung, dan entah melakukan hal lain apa lagi.

Agustus hari kemerdekaan Republik Indonesia. September yang saya lakukan hanya berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Rutinitasnya pergi ke kampus, menunggu hampir siang, konsultasi 5-10 menit, pulang lagi. Begitulah seterusnya. Saya sudah tak ada motivasi lagi untuk sebuah kata sarjana.

Oktober saya maju seminar proposal, tak berselang lama teman-teman saya wisuda. Saya turut menghadiri, merasakan wisuda tanpa toga. Rasanya senang saja, mengingat-ingat momen-momen pertama kuliah, momen-momen saat dosen tidak datang, meskipun datang hanya absen. Sungguh formalitas tanpa batas.

Setelah wisuda semakin banyak teman saya yang menikah, pulang kampung dan mencoba peruntungan di CPNS. Dan tetap, saya hanya jadi penonton dan pengamat dikeriuhan foto-foto status WA, FeedInstagram, Facebook dan hal-hal yang berkenaan dengan euforia mereka.

November, tidak banyak yang berubah. Saya semakin malas menyusun Skripsi. Pola pikir saya berubah, ingin menyelamatkan ekonomi pribadi saya, yang semakin hari-hari, jika dihitung-hitung tak lebih bayak dari biaya internet Hotman Paris.

Sementara itu pertanyaan-pertanyaan kerja di mana sudah tak terhitung berapa banyaknya. Sebagian besar ditanyakan oleh orang dekat. Orang tua.

November juga menjadi bulan di mana saya memulai usaha bersama teman saya memutuskan untuk beternak ayam bangkok. Membuat kandang, membeli anakan dan menunggu panen. Satu tahun lagi.

Desember berlalu setengah bulan lamanya. Setengah bulan lagi tahun baru. Apakah tahun baru mampu mengganti rasa yang lama menjadi rasa yang baru? Kita nantikan bersama.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar