Sharing Buku Sejarah Lengkap Indonesia Dari Era Klasik hingga Terkini.

By Berbagi Ilmu - Oktober 04, 2018


Hai, kemarin saya meminjam buku di perpustakaan daerah. Sudah menjadi kebiasaan saya untuk mampir dan meminjam buku di perpustakaan. Sebulan setidaknya saya meminjam dua buku. Di perpustakaan daerah masa pinjam buku adalah dua minggu dan jatah buku yang boleh dipinjam untuk sekali pinjam sebanyak dua buah.

Hari itu saya meminjam buku Sejarah Lengkap Indonesia Dari Era Klasik hingga Terkini yang ditulis oleh Adi Sudirman dan Speak to Change yang ditulis oleh Jamil Azzaini. Nah pada tulisan ini saya mencoba untuk menyampaikan review (bukan review sih sebenarnya, lebih tepatnya share) mengenai buku Sejarah Lengkap Indonesia Dari Era Klasik hingga Terkini.


Buku Sejarah Lengkap Indonesia Dari Era Klasik hingga Terkini ini ditulis oleh seorang dosen di sebuah Universitas Negeri di Surabaya. Seperti yang sudah sempat saya singgung tadi, penulisnya bernama Adi Sudirman dosen mata kuliah sejarah Indonesia.

Sudah barang tentu buku ini ditulis oleh orang yang berkompeten dibidangnya. Isinya sendiri terbagi menjadi enam periode dengan jumlah halamannya yakni 510 halaman.

Butuh waktu setidaknya empat minggu lebih untuk mengkhatamkannya, dengan perhitungan sehari membaca sekitar 15-20 halaman hehe. Oh iya, buku ini diterbitkan oleh Diva Press pada tahun 2014.
Oke lanjut ke isi bukunya yaitu;

Kuartal 1: Periode pertama, yakni era prasejarah di Indonesia, isinya membahas masa disaat manusia belum mengenal tulisan, di masa inilah manusia purba hidup dan menempati wilayah Dwipantara (Indonesia).

Kuartal 2: Periode kedua, yakni era pra kolonial. Era pra kolonial ini membahas mengenai era-era kerajaan yang pernah tertulis sejarah di Indonesia.

Kuartal 3: Periode ketiga, era kolonial. Era ini seperti namanya adalah era di mana para kolonialisme mulai masuk ke bumi pertiwi, khususnya para penjajah barat.

Kuartal 4: Periode keempat, era kemerdekaan awal, yakni era lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di jelaskan juga mengenai bagaimana proses awal-awal kemerdekaan, dan upaya-upaya mempertahankannya.

Kuartal 5: Periode kelima, era orde baru, yakni era saat Soeharto menjabat sebagai presiden hingga berakhirnya masa jabatan beliau.

Kuartal 6: Periode keenam, yakni era reformasi. Era dimana jatuhnya tahta Soeharto dan tumbangnya masa orde baru. Di buku ini periode keenam ini berlangsung hingga masa pemerintahan presiden SBY.

Dari segi gaya bahasa yang ditulis oleh Adi Sudirman. Meskipun beliau seorang dosen gaya bahasa yang ditulis menurut saya pribadi tidak terlalu berat bahkan cenderung semi imliah. Beberapa istilah-istilah juga dilengkapi dengan footnote. Cukup memudahkan untuk dipahami.

Buku ini juga saya rasa cocok menjadi bahan bacaan bagi pelajar SMA, mahasiswa, guru, dosen bahkan masyarakat umum yang ingin mengulang kembali memori tentang sejarah Indonesia.
Tidak elok rasanya jika kita tidak menyinggung kekurangan dan kelebihannya. Kekurangannya buku ini tidak memuat kata pengantar. Meskipun hal ini sifatnya tidak krusial bagi sebagian orang namun bagi saya hal ini cukup penting, karena di kata pengantar inilah kita mengetahui latar belakang hingga motivasi penulis untuk menuliskan bukunya. Cukup disayangkan memang. Untuk sebuah buku dengan judul sekaliber ini, seharusnya hal-hal sederhana seperti itu lebih diperhatikan lagi.

Kelebihannya, selain dilapisi dengan hardcover dan ilustrasi cover yang menarik, buku ini juga berisikan ilustrasi-ilustrasi tambahan yang mendukung penjelasan. Selain itu, sub-bab bahasannya juga tidak terlalu panjang.


Mungkin itu saja sharing buku singkat, mengenai buku Sejarah Lengkap Indonesia Dari Era Klasik hingga Terkini. Semoga bermanfaat dan menambah minat baca kawan-kawan sekalian. Sampai jumpa di sharing buku berikutnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar