APA YANG SAYA LAKUKAN HARI INI? DAY 1

By Berbagi Ilmu - Agustus 04, 2018


Apa yang saya lakukan hari ini? Day 1.
1.      Baca buku Secercah Illahi karya M. Quraish Shihab
Saya mengusahakan untuk membaca buku (minimal 10 menit) setelah bangun dan salat subuh. Satu buku yang lumayan tebal yang ingin saya selesaikan adalah buku Secercah Ilahi karya M. Quraish Shihab. Demi tujuan itulah saya menyicilnya (halaman) sedikit demi sedikit setiap pagi. Pagi ini saya membaca materi tentang Apa dan Siapa Tuhan? Satu paragraf yang saya suka dari pembahasan ini yaitu: Abu Bakar Al-Shiddiq r.a. Ketika ditanya bagaimana beliau mengenal Tuhan, beliau menjawab, “Aku mengenal Tuhan melalui Tuhanku. Seandainya Dia tak ada, aku tak mengenal-Nya.”
2.      Menulis proposal skripsi 30 menit (1)
Setelah membaca buku, hal yang saya lakukan adalah menulis “proposal skripsi”. Saya selalu menyediakan waktu setidaknya sekitar 30 menit untuk menulis bebas (tanpa editing) hal ini bertujuan untuk mengeluarkan semua ide-ide yang masih bertebaran di kepala. Untuk editing ada waktunya sendiri.
3.      Membaca blog para blogger
Entahlah apa yang terjadi, setelah bangun pagi tadi, tiba-tiba di kepala saya tercetus ide tentang challenge writer. Setelah selesai rutinitas membaca saya pun iseng mencari di google dengan kata kunci challenge menulis, dan ketemulah dengan blog para blogger yang sudah terlebih dahulu mencoba challenge ini, bahkan ada yang telah khatam menyelesaikan challengenya. Satu hal yang menarik perhatian saya, yakni 15 Days Challenge Writer dan 30 Days Challenge Writer. Saya pun menyempatkan untuk membaca beberapa diantaranya.
4.      Berlatih Yoga 15 menit
Akibat dari membaca challenge para blogger tersebut. Saya pun mencoba mencari-cari challenge di play store, pucuk dicinta ulam pun tiba. Sebuah aplikasi bernama Challenge Day, menyediakan berbagai challenge setiap harinya, dihari pertama ini challenge'nya adalah Practice yoga at least 15 minutes.
5.      Membuat nasi goreng dan ayam goreng
Biasanya adik saya yang bertugas untuk memasak sarapan, namun karena dia tadi sedang sibuk maka saya yang ambil alih, tak perlu menunggu lama sepiring nasi goreng dengan lauk ayam goreng tersaji dengan  “ala kadarnya”.
6.      Revisi latar belakang proposal
Sebagai seorang mahasiswa semester tingkat lanjut, urusan proposal skripsi masih terus menghantui, ah!! saya berharap semua “badai” revisi ini cepat berlalu.
7.      Mendengarkan Inspigo/ Benny Prawira
Hal yang saya lakukan adalah mendengarkan Inspigo. Singkatnya Inspigo adalah platform podcast yang berisi berbagai topik pembahasan. Nah, kali ini saya mendengarkan perbincangan Inspihouse (sebutan bagi penyiar Inspigo) bersama Benny Prawira. Benny Prawira merupakan seorang praktisi yang membahas berbagai peristiwa bunuh diri. Mulai dari penyebab bunuh diri, hal yang terjadi bagi keluarga yang ditinggalkan dan berbagai topik lainnya yang bersangkutan dengan bunuh diri.
8.      Youtube Casey Neistat 10 M
Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat kepada bang Casey atas 10M subscribersnya. Bagi seorang youtuber angka ini merupakan bukti dari hasil "kerja kerasnya" selama ini. Di video spesial 10 M Casey berbagi kisah tentang suka dan dukanya di dunia per-youtube’an.
9.      Membaca koran
Koran yang saya baca hari ini adalah koran Kompas edisi Sabtu, 4 Agustus 2018. Ada tiga berita utama yang dimuat dihalaman depan. Pertama, berita tentang persiapan Asian games. Kedua, berita tentang pembangunan maha karya Garuda Wisnu Kencana yang sudah menyentuh angka pembangunannya selama 28 tahun. Ketiga, berita tentang hari pertama dibukanya pendaftaran capres dan cawapres untuk pilpres 2019 mendatang. Tambahan, dihalaman depan juga ditampilkan potret ibu-ibu yang sedang kesulitan mencari air bersih tepatnya di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Semoga saja masalah kesulitan air bersih ini bisa teratasi dengan secepatnya.
10.  Menulis di betangide.com
Sebenarnya apa yang saya lakukan tidak dapat dikatakan “menulis” hehe. Saya sekadar mengutip sebuah artikel di koran Kompas yang bercerita tentang gelar Dr HC yang diterima oleh presiden Soekarno. Setidaknya ada 26 gelar yang disematkan untuk tokoh proklamator tersebut. Semoga saya juga dapat hehe minimal satulah semasa hidup saya aamiin.
11.  Lanjut menulis proposal 30 menit (2)
Seperti yang sudah saya singgung di atas. Hal yang saya lakukan setelah menulis bebas adalah editing. Di tahap inilah saya menambah, mengurang dan mengganti kata-kata atau kalimat yang saya rasa tidak sesuai dengan “jalurnya”. Buat kamu yang sering merasa pusing ketika editing berikut adalah tips singkat yang dapat kamu lakukan, yakni dengan menggunakan waktu per babak, setiap babak kamu bisa tentukan sendiri waktunya. Khusus untuk saya pribadi, setiap babaknya saya tentukan kisaran 30-40 menit.
12.  Membaca novel
Novel yang saya baca hari ini berjudul Open City karya Teju Cole. Novel ini saya ketahui dari postingan instagramnya Bernard Batubara. Karena penasaran saya pun mencoba untuk mencari versi pdf nya, dan ketemu (apa sih yang gak ada di google hehe).  Cukup rame kok ceritanya, coba deh kamu baca hehe.
13.  Freaky Teppy
Bagi para penggemar film tentu tidak asing dengan review fim suka-suka di freakyteppy.com, sebagai penggemar sekaligus penyuka review film penuh meme ini, saya menyempatkan untuk melihat review film terbaru yaitu film Si Doel the Movie. Cukup disayangkan review kali ini Teppy menyajikan dengan bentuk berbeda dari sebelumnya. Kali ini review film suka-suka di sajikan dengan sebuah video yang bekerja sama dengan narasi.tv. Meskipun sajiannya cukup berbeda dengan sebelumnya, tapi secara keseluruhan saya suka dengan reviewnya, tak ketinggalan Teppy tetap memasukkan unsur humor ala meme-nya dalam video.
14.  Menemui teman
Walaupun masih libur kuliah, saya (selalu) sempatkan untuk bertemu dengan teman, walau hanya sebatas say hello dan ngobrol seadanya, usahakan untuk berinteraksi.
15.  Nonton final Stand Up commedy season 8
Sebagai penikmat comedy, saya selalu menyediakan waktu untuk menyaksikan ajang pencarian komika ini, tidak terasa SUCI telah masuk babak final. Pertarungan antara Oki Rengga dan Popon merebutkan juara satu begitu ketat dan menyenangkan untuk disaksikan. Di final ini saya menjagokan Oki Rengga tetapi saya ingin yang jadi juaranya Popon hehe.
16.  Nulis lagi
Sebelum tidur saya sempatkan untuk menulis, walaupun hanya beberapa kalimat, saya mencoba untuk membiasakan untuk tetap menulis.Salah satunya adalah menulis postingan ini. Semangat kakaks.
17.  Qoute hari ini
“Jika Anda ingin mencapai keluarbiasaan, berhentilah mencari alasan-Anonim”

Itulah beberapa aktivitas yang saya lakukan hari ini, kalau kamu bagaimana? P. Raya, 4 Agustus 2018

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar